Perkembangan Islam di Indonesia

Perkembangan Islam di Indonesia

Perkembangan Islam di Indonesia dimana islam sendiri adalah salah satu dari agama yang paling banyak dianut di indonesia. Islam tumbuh dan juga berkembang di indonesia dimana, hal tersebut juga tidak lepas dari pengaruh kebudayaan yang datang dan berkembang di indonesia. Walaupun indonesia sendiri menjadi salah satu dengan mayoritas penduduk muslim di dunia, namun Indonesia sendiri adalah salah satu negara yang sangat toleran dengan keberagaman budaya yang ada di tanah air. Hal tersebut dikarenakan di indonesia sendiri memiliki berbagai macam suku dan juga ras keagamaan dan semuanya hidup rukun. Masuknya Islam di indonesia sendiri di karenakan indonesia menjadi salah satu dari negara khatulistiwa di mana dahulu banyak pedagang arab yang singgah di indonesia yang kemudian islam mulai dikenal oleh tanah air.

Perkembangan Islam di Indonesia

Namun dalam sejarah perkembangan islam sendiri di indonesia umumnya terdapat beberapa teori. Terdapat tiga teori yang dimana hal tersebut tentang masuknya islam ke Indonesia, yaitu dengan pengaruh dari Arab, Iran, Teori Gujarat atau india. Dimana terlepas dalam beberapa perbedaan tersebut yang dimana selama beberapa tahun terdapat beberapa kesamaan dari antara tiga teori tersebut. Dijana di islam sendiri dahulu terdapat beberapa Kerajaan Islam yang berdiri atau juga kesultanan dalam gaya islam, yang dijana hal ini sendiri meliputi dari Samudra Masai sebagai salah satu dari kerajaan islam terbesar dan juga pertama yang ada di kepulauan ini lalu ditusuk dengan kesultanan Cirebon, Kerajaan Demak dan juga beberapa kerajaan islam lainnya yang berdiri di Indonesia. Bagaimana sejarah dan juga perkembangan dalam masuknya islam ke Indonesia? dalam artikel i8ni akan dibahas dan juga akan dirangkum dengan jelas dan juga singkat tentang perkembangan islam di indonesia. 

Bagaimana Sejarah Islam di Indonesia ?

Islam sendiri yang dimana salah satu agama yang selalu diperkenalkan dengan melalui beberapa negara yang berada di daerah Timur Tengan, Asia, Afrika dan juga Eropa. Dimana sejak pada zaman Nabi Muhammad SAW, dalam sebuah ajaran agama islam sendiri yang dimana telah menyebar ke berbagai negara, bahkan islam sendiri menjadi agama yang berkembang dengan pesat. Hal tersebut terbukti juga bahkan setelah kematian Muhammad SAW, yang pada tahun 632 Masehi Syi’ar tentang agama Islam sendiri yang dimana menjadi salah satu dari agama yang menjadi agama yang terus disebarkan dan dilakukan dengan menggunakan para khalifah dan juga para pemimpin lain yang berasal dari Dinasti Islam.

Islam juga menjadi salah satu agama yang pertama kali telah diperkenalkan pada wilayah yang ada di Indonesia  pada saat itu ketika Dinasti Umayyah yang dimana pada saat itu telah mendirikan basis yakni dengan cara perdagangan di pantai barat Sumatra. Wilayah Indonesia, yang dahulu juga begitu dikenal akan kekayaan karena rempah-rempahnya, yang dimana membuat indonesia sendiri menjadi negara yang dikunjungi oleh pedagang dari seluruh penjuru dunia. Pedagang Muslim yang dimana juga datang ke Indonesia untuk melakukan perdagangan, dan tersebut itu lah yang dimana dilakukan selama berabad-abad. Maka tak heran jika Islam menjadi agama yang besar di Indonesia. 

Sejarah-Perkembangan-Islam

Tidak hanya dalam hal perdagangan, tetapi islam juga masuk dalam pedagang Muslim dari daerah Gujarat, Arab, dan juga Persia  yang dimana pada saat itu mengajarkan ajaran Islam kepada penduduk sekitar. Berikut ini adalah penjelasan lainnya yang juga tentang sejarah masuknya islam di Indonesia, diantaranya:

Teori Arab

Teori ini yang dimana menjadi salah satu dari teori yang telah didukung dengan para sejarawan yang dimana Muslim yakni Prof. Hamka, yang dimana dirinya mengatakan bahwa agama Islam sendiri pada saat itu datang ke wilayah Indonesia pada abad pertama yaitu dalam Hijriyah, yang dimana pada saat itu datang langsung dari Saudi pada sekitar abad ke 7 sampai 8 Masehi. Hal ini dimana teorinya sudah didukung dengan keberadaan jalur dari pelayaran yang dimana menjadi jalur sibuk dan juga jalur  internasional jauh pada sebelum abad ke-13 M yang dimana hal tersebut juga melalui Selat Malaka, yang juga dimana selat menghubungkan Dinasti Tang di Cina Asia Timur, Sriwijaya yang ada di (Asia Tenggara), dan juga daerah Umayyah (Asia Barat).

Teori Gujarat

Suryanegara yang dimana mempunyai teori ini telah berpendapat bahwa dasar teori tersebut yang dimana mungkin dapat didasarkan pada sebuah Snouck Hurgronje, yaitu yang tertuang juga di dalam bukunya yakni “l” Revue de Historie des Religions dan juga “L” Arabie et les Indes Neerlandaises. Terdapat juga dimana tiga alasan mengapa Snouk Hurgronje yang telah memusatkan keyakinannya pada teori Gujarat, yang dimana berikut ini merupakan penjelasan nya:

  • Hubungan dalam sebuah perdagangan dalam jangka panjang yang dimana hubungan tersebut terjadi antara wilayah Indonesia dan juga pada wilayah India.
  • Tidak banyak juga tentang fakta yang menjelaskan dalam peran orang dan juga pedagang Arab yang telah menjadi penyebaran Islam di berbagai Nusantara.
  • Terdapat juga tulisan yang dimana tertua tentang agama Islam di Sumatra, yang dimana dalam tulisan tersebut memberikan gambaran tentang hubungan antara Sumatra dan juga Gujarat.

Teori Persia

Dimana dalam teori ini sendiri, yang menjadi pelopor teori Persia di Indonesia sendiri adalah P. A. Hosein Djajaningrat. Yang dimana hal ini juga telah didukung dengan beberapa keberadaan budaya , yakni dengan meliputi budaya Persia, yang dimana dengan hal ini juga terasa seperti halnya dengan model arsitektur dan juga sebagainya pada sebuah komunitas Islam yang ada di Indonesia. Namun teori ini juga tidak terlalu memiliki beberapa teori khusus yang ada. 

Perkembangan Islam

Agama Islam yang dimana menjadi salah satu dari agama yang telah masuk ke wilayah Indonesia tentu hal ini sendiri dapat mengubah budaya di Indonesia. Budaya lokal yang dimana sudah lama ada di Indonesia sejak lama yang dimana mulai berubah dengan budaya Islam. Pada saat itu, yang dimana ajaran dalam agama Islam yang ada di wilayah Indonesia mudah diterima dengan disebabkan dengan adanya beberapa faktor yang di dapat, diantaranya ialah:

  • Ajaran dalam agama Islam sendiri yang dimana begitu sederhana, yakni menjadi ajaran yang mudah untuk dimengerti dan juga menjadi salah satu ajaran mudah diterima.
  • Untuk memeluk agama Islam sendiri tidaklah menjadi hal sulit, karena hanya dua kalimat saja dalam Pengakuan Iman yaitu “Aku bersaksi bahwa tidak Tuhan selain Allah, dan juga Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah Utusan Allah”.
  • Upacara yang dimana dalam keagamaan Islam begitu  menjadi agama yang sederhana dan tidak sulit.
  • Islam sendiri agama yang tidak mengakui kasta yang dimana agama ini tidak membedakan orang menurut sebuah kelompok mereka. Islam dimana menjadi agama yang mengajarkan kesejahteraan dan persamaan.
  • Islam menyebar dengan sangat dengan damai.
  • Kekuatan dalam hal dan bidang politik pada sebuah pedagang Muslim, kebanyakan dari mereka mereka sendiri dari kelas atas.
  • Muslim dianggap sangat kuat dalam urusan militer.
  • Runtuhnya dalam Majapahit dan juga Kerajaan Sriwijaya yang dimana merupakan penyebab dari kuatnya perkembangan pesat kerajaan Islam yang ada di wilayah Indonesia.
  • Islam yang dimana telah mengajarkan bahwa ibadah sendiri adalah suatu hal yang dimana dapat dilakukan di mana saja dan di tempat itu suci dan juga tidak selalu harus menetap di daerah-daerah tertentu.

Itulah perkembangan islam yang ada di indonesia dan juga beberapa teori tentang perkembangan islam yang ada di indonesia yang dimana teori tersebut dikemukakan berdasarkan dengan beberapa hal yang ada.