Kampung Kepaon dan Menelusuri Peradaban Islam di Eropa

Kampung Kepaon dan Menelusuri Peradaban Islam di Eropa

Kalau kalian masih asing dengan kampung Kepaon, maka sesekali kalian datangi Bali dan berkunjung ke kampung Islam yang ada di sana. Walau terkenalnya dengan orang-orang pemeluk dari kebudayaan dan agama Hindu, nyatanya untuk Bali sendiri memiliki kampung Islam yang tidak menunjukkan ke-Rasisan sama sekali. Kampung Islam dengan nama Kampung Kepaon ini sudah langsung berlokasikan di desa adat Kepaon yakni Desa Pemogan di kecamatan Denpasar Selatan pada Provinsi Bali. kelompok Islam disini benar-benar nampak hidup damai walau di tengah-tengah mereka ini Masyarakat Bali yang beragamakan Hindu. 

Selain itu, kalian juga bisa kok untuk mengunjungi negara Eropa, dalam beberapa destinasinya untuk melihat peradaban Islam di Eropa sana. Hal ini menjadi salah satu dari kegiatan yang bisa dilakukan dengan berwisata Religi. Yakni, dengan langsung berkunjung ke tempat-tempat bersejarah bagi berbagai macam umat yang beragama. 

Jika melihat dari sebuah peradaban, memang sudah ada dari abad ke 7 dikarenakan sebuah Migrasi yang dilakukan langsung secara Masif oleh para umat Muslim. Dimana, beberapa negara Eropa ini menjadi pemilik langsung tempat bersejarah dan menjadi saksi dari hadirnya sebuah peradaban. Kecantikan negara-negara ini juga dimanfaatkan langsung sebagai objek wisata sekaligus tempat untuk bisa mempelajari kehadiran dari peradaban yang super duper megah ini. 

 

Fakta dari Kampung Islam Bernama Kepaon  

Kampung yang dihuni oleh 900 kepala keluarga – jadi bisa diperkirakan untuk kampung Islam yang satu ini isinya oleh kurang lebih 900 kepala keluarga atau terdiri langsung dari 6000 jiwa. Di dalam kampung ini, menyediakan sarana perekonomian dengan para warganya sendiri menggeluti berbagai Profesi yang diisi menjadi : – Petani, – Supir, sampai dengan menekuni adanya Usaha Garmen hingga berdagang di Bali sana. 

Memiliki Tradisi Megibung – apa itu Megibung ? jadi ini semacam tradisi dari berbagai bentuk akulturasi budaya. Nah di kampung Kepaon ini kalian akan melihat adanya masjid yang berdiri kokoh ternama Masjid Al Muhajirin dan menjadi pusat ibadah warga. Di masjid ini juga terdapat tradisi unik yakni Megibung atau lebih dikenal dengan tradisi akulturasi budaya seperti Buka Puasa bersama. 

Uniknya Tradisi Megibung Setiap 10 Hari Ramadan di Kampung Kepaon - Ramadan Tempo.co

Megibung ini akan dilaksanakan setiap tanggal 10, 20, dan juga tanggal 30 Ramadhan. Tradisinya sendiri juga dilakukan sebagai sebuah ungkapan rasa syukur setiap 10 hari usai mereka mampu mengkhatamkan 30 Juz ayat pada kitab Suci Al-Qur’an. Tradisi ini sekaligus menjadi acara pada saat berburu kuliner Kedoteng. Dan kulinernya memang hanya akan disajikan setiap perayaan tertentu saja yakni : Pernikahan, hingga Megibung yang ada di Masjid Al Muhajirin. Kedonteng sendiri menjadi menu atau kuliner yang khas dari Kampung Kepaon dengan bumbu rendang akan tetapi tampilannya akan sangat berbeda disajikannya dengan menggunakan serundeng. 

Kampung Kepaon menjadi Bukti Toleransi di Bali – yang mana sejarah dari terbentuknya Kampung Islam Kepaon yang mana masih saja memiliki hubungan erat dengan Kerajaan Badung atau yang sering kali disebut dengan puri Pemecutan. Dan Kampung Islam Kepaon ini sendiri menjadi salah satu komunitas Muslim tertua yang ada di Bali dan sejak masuknya Islam di BALI sekitar tahun 1326 H pada masa kerajaan Pemecutan hingga Kini. Masyarakatnya sendiri sering menjalin Hubungan Baik dengan puri Pemecutan seperti halnya hadir warga Kampung Kepaon di undangan upacara pada puri Pemecutan. 

 

Peradaban Islam di Spanyol 

Masjid Agung Cordoba, Tempat Ibadah Umat Islam Juga Kristen Spanyol

Negara yang mana terkenal dengan Corrida de Toros atau olahraga adu banteng ini memang banyak ditinggali langsung oleh jejak-jejak peradaban dari Umat Islam. Keindahan dari Arsitektur dan juga kemegahan bangunannya sendiri merupakan salah satu hal yang bisa mempengaruhi adanya nuansa Islam pada masa lampau. Dan jika nantinya kalian berkunjung langsung ke Eropa jangan sampai nih, kalian kelewatan untuk memulai kesempatan dalam menyaksikan keindahan yang ditawarkan oleh negara yang satu ini. 

Kejayaan Islam sendiri di negara Spanyol sudah menjadi bentuk awal dari berkembangnya peradaban Islam di negara-negara Eropa. Dan sebagian besar dari bangunan tua peninggalan islam di Eropa masih ada dan bisa juga kalian kunjungi setelah masa pandemi ini reda atau bahkan selesai.

Jika nantinya kalian sedang berlibur ke negara Spanyol, maka kalian bisa kok untuk menyaksikan adanya penggalan atas kisah-kisah sejarah Islam yang ada di Eropa dengan mengunjungi kota Cordoba, Seville, sampai dengan Granada. Memang ketiga kota ini terkenal akan jejak-jejak dari peradaban orang-orang Muslimnya. Bangunan kuno yang megah juga tidak akan sulit untuk bisa kalian temui. Salah satu bangunan yang memang paling terkenal disana adalah Masjid Cordoba dan juga Mezquita. Pasalnya untuk masjid ini sendiri sudah dianggap sebagai lambang dari kesatuan Muslim, Kristen serta Yahudi. 

 

Peradaban Islam di Bosnia Herzegovina 

Misteri Dunia: Stari Most - Jembatan Tua Ottoman di Bosnia

Jadi negara ini menjadi perpecahan Uni Soviet yang mana dikabarkan juga sebagai negara Multireligius. Keberagaman agama yang ada di dalamnya sudah menjadikan keberadaan dari penduduk agama tertentu sebagai Mayoritas yang memang tidak pernah mutlak. Dan tidak hanya sudah dihuni oleh penduduk penganut agama Islam, lalu penduduk yang beragama Kristen Ortodoks, Protestan, Katolik sampai dengan beragam agama lainnya yang hidup berdampingan secara harmonis di negara tersebut. 

Di waktu dulu, Islam masuk ke Negara Bosnia yang mana bersamaan dnegan Invasi kerajaan Ottoman. Nah, keberadaan dari jembatan tua Star Most di Bosnia sendiri menjadi bukti dari peninggalan kejayaan islam di Eropa pada masa silam. Dengan keberadaan dari 2 menara yang melindungi pintu masuk ke Jembatan dan juga bebatuan kapur Tenelija yang melapisi Jembatan ini menjadi sebuah ciri Khas dasar dari kesederhanaannya yang sangat elegan. Terdapat juga bangunan-bangunan berupa masjid yang masih berdiri kokoh di Old Town Bosnia Herzegovina yang bisa kalian cari tahu keunikannya. 

 

Peradaban Islam di Yunani 

Museum Benaki menjadi bangunan Bersejarah dan bisa saja menampilkan adanya jejak peninggalan islam Eropa selama kurang lebih 13 abad dan pada zaman dahulu. Museum ini si akan langsung menyoroti adanya Peranan Islam di Mediterania. Tzistarakis Mosque menjadi sebuah destinasi wisata utama yang patut kalian kunjungi ketika berada langsung di Yunani. Selain adanya masjid tersebut yang bisa kalian kunjungi di Monastiraki, ada juga masjid lainnya seperti : parthenon – Masjid Fatih Sultan yang mana kalian telusuri beberapa keindahan di dalamnya. 

 

Peradaban Islam di Perancis – La Grande Mosquée de Paris 

File:P1110320 Paris V grande mosquée de Paris rwk.JPG - Wikimedia Commons

Mungkin dalam jangka waktu ini dan beberapa waktu yang tidak bisa ditetapkan, kalian tidak bisa untuk berkunjung ke negara tersebut. Pasalnya, seperti yang sudah diketahui Presiden Emmanuel Macron disana sedang memboikot Islam secara besar-besaran begitupun dengan Islam, yang terus memboikot semua produk yang dihasilkan dari negara perancis ini. Akibat pidatonya yang membahas 2 hal mengenai islam, akhirnya berujung pada kerusuhan yang terjadi antara semua penduduk agama Islam di Perancis dan terpaksa beberapa Masjid yang ada disana harus di tutup atas kejadian tersebut. 

Namun tak hanya peristiwa itu saja yang masih berkelanjutan hingga kini, nyatanya di Perancis juga menyimpan keberadaan dari La Grande Mosquee yang sangat menawan dan menjadi jantung dari Kota Paris. Melalui para Imigran yang berasal dari Aljazair – Maroko – Libya dan lainnya, peradaban Islam disini mulai berkembang di abad ke 19 dan 20 SM. Dan negara Perancis sendiri dinobatkan sebagai negara Penduduk Muslim terbanyak di Eropa, karena dari jumlah pemeluk Islamnya sudah melampaui 7 Juta Jiwa. dan hingga kini bisa dinyatakan adanya ribuan masjid yang berdiri. 

Dengan bisa mengunjungi tempat-tempat yang mengandung sejarah Islam di Eropa maka kalian tidak hanya menghabiskan waktu berlibur dengan bersenang-senang, namun mendapatkan pengetahuan mengenai sejarah Islam Didalamnya !