Peradaban Islam Di Mulai Di Kota Ini

Peradaban Islam Di Mulai Di Kota Ini

pasalnya jika mengikuti sejarah adanya Islam maka kota-kota ini bisa disebut menjadi kota yang memang kental sekali akan agama Islam. Pada itu di benua Eropa sendiri menjadi salah satu tempat yang banyak sekali menyajikan destinasi wisata yang memang sangat berbau mengenai sejarah sejarah Islam yang ada di benua tersebut. Tak jarang di beberapa negara yang ada di benua Eropa ini, diisi oleh sebagian orang-orang yang memang memiliki agama Islam.jika dilihat dari sejarah perkembangan nya memang peradaban Islam ini tidak akan jauh dari kota-kota yang memang menjadi saksi bisu dari perjalanan peristiwa perkembangan Islam itu sendiri. yang nanti akan kita jelaskan ini memang terbukti menjadi saksi bisu dalam berbagai kisah ataupun peristiwa mengenai sejarah perkembangan Islam di mata dunia.

KOTA-KOTA SAKSI BISU DALAM PERKEMBANGAN ISLAM

#KOTA ALEXANDRIA NEGARA MESIR

peradaban perkembangan Islam pertama kali bisa kita jelaskan di dunia situs agen bola alexandria, di mana ini merupakan kota yang dahulunya juga dikenal dengan nama iskandaria kurang lebih letaknya itu 225 km dari kota Kairo negara Mesir. Kota Alexandria ini juga mendapat julukan sebagai The Pearl Of The Mediterranean. Di kota ini juga terdapat sebuah masjid yakni masjid Attarine yang dulunya itu adalah gereja yang kemudian diubah menjadi masjid ketika negara Arab berkuasa. Disini juga terdapat masjid bersejarah namanya itu masjid abu Al-Abbas Al-Mursi yang merupakan menjadi masjid terbesar di kota alexandria.

Alexandria juga menyimpan benteng Qaitbay yang sudah ada pada masa pemerintahan Sultan Qaitbay tahun 1480. selain itu juga terdapat perpustakaan universitas iskandariah yang menjadi perpustakaan tertua serta super besar di kota tersebut.

# KOTA YERUSALEM NEGARA ISRAEL

Selanjutnya adalah Yerusalem yang menjadi kota penting bagi umat Islam Yahudi serta Kristen. nah bagi umat Islam sendiri, yakni orang muslim bagian yang paling penting dari kota ini adalah masjid Al Aqsha dan juga masjid Qubbat As Sakrah yang memang terdapatnya di wilayah haram al-sharif. Masjid ini juga menjadi salah satu saksi penting di dalam peristiwa besar bagi umat Islam yakni isra mi’raj.

Sementara itu masjid Qubbatdulunya juga menjadi masjid Khalifah Umar yang kemudian juga dipugar dan juga diperluas oleh seorang khalifah bernama Al Malik titik namun masjid ini harus hancur akibat adanya gempa dan sudah digantikan dengan adanya masjid fatimiyah yang langsung dibangun pada awal abad ke 10.

# KOTA AMMAN DI NEGARA YORDANIA

kota yang satu ini memang kota yang diisi oleh situs Joker123 peninggalan nabi Musa alaihissalam dan juga nabi syu’aib alaihissalam. selain itu juga terdapat adanya makam dari Abdul Rahman IBN Waf Al Zuhri, yang di mana ini menjadi peninggalan pada masa masa perang Islam yakni perang yang terkenal yaitu perang badar, perang Uhud dan juga Mekkah titik ada juga maka muadzin yang sudah sangat terkenal di zaman Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bernama Bilal bin Rabah serta gua ashabul Kahfi yang memang sudah disebutkan di dalam kitab suci Alquran terdapat di kota Amman – Yordania.

# KOTA FES NEGARA MAROKO

Kota ini seringkali dijuluki sebagai Mecca Of  West. kota fez juga menjadi kota kerajaan tertua yang ada di dunia titik kawasan ini disebut sebagai kawasan kota tua Des El Bali yang sudah ditetapkan langsung sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO.Ada salah satu yang menjadi bagian menarik di mana kota ini juga terdapat university of Al Kairaouine yang sudah didirikan sejak 859 sebelum masehi dan juga terdapat masjid Kairaouine ya memang bisa dibilang menampung sampai dua puluh ribu jamaah pada masjid tersebut.

# KOTA QOM NEGARA IRAN

selanjutnya kota ini kurang lebih terletak di saran 35 km dari adanya ibu kota Teheran. Kota ini menjadi kota suci dikarenakan terdapatnya maka Putri kesayangan dari nabi kita semua yakni nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam bernama Putri Fatimah. Selain dari itu banyak juga para ulama dan juga ilmuwan Islam yang memang tinggal atau juga sudah dimakamkan di tempat ini titik tidak ketinggalan para pemimpin revolusi Iran yakni Imam Khoeini menuntut ilmu di kota ini.

# KOTA GRANADA NEGARA SPANYOL

seperti yang sudah Mimin katakan tadi bahwa benua Eropa memang menjadi salah satu saksi juga adanya peradaban Islam di mata dunia. Kota Granada sendiri perletakan langsung di sebelah selatan Madrid yang memang dulunya pernah menjadi salah satu pusat ilmu keislaman terbesar dan juga menjadi pusat perkembangan kebudayaan Islam saat masa Bani Ahmar.di mana Pada masa ini ada juga pembangunan yakni sebuah istana Indah bernamakan alhambra yang sampai saat ini masih berdiri kokoh kok di kota Granada Spanyol.

# KOTA ISTANBUL NEGARA TURKI

mungkin negara ini menjadi negara yang paling fenomenal ya guys yang di mana, kota ini dulunya bernama kan konstantinopel yang sebelum akhirnya sudah diubah oleh kerajaan Ottoman menjadi Istanbul oleh Sultan Muhammad ll.  kota ini secara tidak langsung memiliki arti kota Islam dengan adanya sejumlah bangunan yang menjadi saksi bisu pada kejayaan Islam di masa Ottoman. contohnya itu ada Hagia Sophia terus peninggalan zaman Bizantium dulunya sih terkenal sebagai gereja namun lagi-lagi sudah diubah menjadi masjid dan saat ini bisa kalian datangi sebagai bentukan museum.

Selain daripada itu di kota ini juga ada yang bernama topkapi palace, di mana ini istana raja yang sudah ada sejak abad ke-15 sampai abad ke-17 yang memang sudah resmi ditetapkan sebagai salah satu situs warisan budaya dunia oleh UNESCO dan lagi-lagi fungsinya ini juga sebagai museum yang memang sudah sangat terkenal berada di kota Istanbul Turki. topkapi palace banyak sekali menyimpan benda-benda peninggalan dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam seperti yang kita tahu adanya pedang, mantel, gigi sampai adanya jejak telapak kaki ini sih mimin lihat dari berbagai sumber yang ada ya guys.

Selain dari kota-kota yang menjadi saksi biru adanya perkembangan peradaban Islam ada juga kok di negara Eropa yang memiliki destinasi wisata Islam yang sangat amat cocok untuk kalian telusuri di mana memang di sini terdapat destinasi bernuansakan islami. Negara-negara tersebut yang ada di benua Eropa yakni negara Spanyol, negara Rusia, negara Perancis, negara Jerman, sampai ada di kota bosnia negara Herzegovina yakni pecahan dari uni Soviet ya guys. negara-negara ini kalian bisa benar-benar mengunjungi banyaknya destinasi wisata yang memang sangat identik sekali dari bangunan-bangunan arsitektur yang megah sampai keindahan alamnya yang berbau kan peradaban Islam.

jika nantinya kalian kurang percaya maka kalian bisa langsung saja nih mengunjungi negara-negara tersebut kalau bisa sih kalian mencari tour guide ya guys biar nanti kalian lebih mudah mengetahui beberapa arsitek tour ataupun bangunan-bangunan bersejarah yang memang ada di dalam negara-negara tersebut.