Islam Menyebar Luas Di Berbagai Negara Dunia

Islam Menyebar Luas Di Berbagai Negara Dunia

Indonesia dan Arab Saudi mungkin menjadi Negara yang kalian ingat sangat kental akan keberadaan agama Islamnya di bandingkan agama Hindu, Budha, Kristen, Katolik, dan beberapa agama lainnya. Bisa dikatakan populasi Islam di Negara Indonesia ini mencapai di angka 87% dari penduduknya tersebut. Namun, toleransi yang dijalankan pun masih kental ko di Indonesia sendiri. Walau ada beberapa diantaranya masih saja Rasis merasa agamanya tersebut paling benar tetaplah, “ Tuhan kita ini satu, hanya saja kita semua yang memiliki perbedaan bukan pada Tuhan kita msing-masing “.

Seperti yang sudah di ketahui oleh seluruh dunia, bahwasannya saat bulan Ramadhan atau Bulan Pausa tiba. Kaum muslim dan juga muslimah tidaklah bermalas-malasan di rumah saja. Dimana, para muslim dan muslimah akan melakukan beberapa kegiatan yang dilakukan dari awal peribadahan hingga penyediaan makanan untuk nantinya bisa berbuka puasa dan juga sahur.

Namun, bagi kalian yang ingin berjalan-jalan di Luar Negeri pun juga bisa kok. Jangan khawatir, kalian masih bisa nih berlibur ke tempat-tempat yang memiliki rekam jejak terbaik mengenai agama Islam ini. dari berlibur sampai pada kalian mengetahui perkembangan Islam pun ada di Negara-negara yang nantinya mimin berikan infonya ke kalian semua. Bisa di lihat dari bangunan-bangunan bersejarahnya yang menampilkan adanya keindahan dari Arsitektur islamnya sat itu. Yuk check on list nama-nama negaranya!

Negara Yang Sangat Erat Dengan Agama Islam

# Negara Spanyol

Mungkin membaca nama Negara ini, kalian langsung beranggapan tidak adanya kemungkinan agama islam berkembang baik di Negara ini. nyatanya, ini berbanding terbalik dengan semua kenyataan yang berlangsung di Negara Spanyol ini. memang, jika di pandang sekilas, negaranya tidak seumum Negara islam yang ada akan tetapi, di Kota Cordoba, Granada, dan juga Seville menjadi kota Islam yang ada di Spanyol. Disnaa terdapat bangunan tempat ibadah yang memiliki desain Cantik yakni Mosque of Cordoba dan juga Median Azahara. Mosque Of Cordoba ini awalan hanyalah masjid biasa saja namun, saat ini sudah di gunakan sebagai Katedral. Bangunan yang cantik ini memanglah sudah di tetapkan oleh UNESCO menjadi peninggalan sejarah yang sangat penting di dunia. Begitu pun dengan Medina Azahara yang menjadi situs Arkeologi yang bernilai sejarah Tinggi.

Selain dari Cordoba ini, Granada juga menjadi salah satu saksi bisu dalam perkembangan Islam. Di kota ini terdapat sebuah Istana Alhambra yang sudah menjadi symbol puncak kejayaan Islam. Mengenai bangunan sendiri sudah di hiasi dengan adanya elemen dekoratif dan juga di sertai dengan pintu Lekung yang tampak secara keseluruhan bagiannya tersebut. Dan untuk muslim yang Berjaya sendiri terdapat di Kawasan Andalusia yang sempat menjadi salah satu pusat perkembangan Islam terbesar di dunia.

# Negara Turki

Sudah tidaklah menjadi rahasia public. Dimana, Turki sendiri sudah menyimpan banyak sekali peninggalan Islam yang sudah khususnya di Istanbul yang sudah berarti di kota Islam. Di Turki juga ada banyak sekali Bangunan Masjid yang sangatlah indah yakni dengan Blue Mosque yang sudah di rancang langsung oleh Mehmed Aga yang memberikan penjelasan sebuah bukti perkembangan islam tahun 1609.

Selain bangunan ini, juga ada bangunan lain yang berada di Negara ini yakni Museum Hagia Sophia. Untuk bangunan ini sendiri sudah sangat terkenal dengan adanya sebuah kubah besar yang menjadi symbol pada zamannya itu. Awalnya menjadi Katedral lalu di rubah menjadi Masjid dan berakhir menjadi Museum. Bangunan ini akhirnya juga di kembalikan ke bentuk awal pada saat di fungsikan langsung sebagai Gereja.

Tempat lainnya yang tidak kalah menarik untuk bisa kalian kunjungi untuk mengenal peradaban Islam yakni Istana Topkapi. Dimana, Istana raja di abad ke 15 sampai 17 yang kemudian di tetapkan sebagai situs warisan budaya yang memanglah berfungsi sebagai museum juga untuk menaruh peninggalan Rasulullah SAW.

# Negara Israel

Israel ini menjadi kota suci bagi umat Yahudi dan juga Kristiani, namun Negara ini juga sangat penting. Khusus lagi di wilayah Yerussalem yang terdapat sebuah Masjid bernama Al Aqsa dan juga ada masjid Qubbat As Sakhrah. Untuk masjid Al Aqsa ini menjadi saksi bisud ari peristiwa Isra Miraj.

Untuk masjid Al Aqsa ini memang di desain dengan ciri khasnya yang menggunakan Kubah timah yang berwarna abu-abu dan terdapat berbagai macam kaligrafi dengan lengkungan yang terlihat jelas di Interior Bangunannya. Kubah disini akan jauh berbeda dengan Arsitektur Romawi Kuno yang menjadi ciri khas arsitektur awal dari masjid ini.

# Negara Perancis

Negara ini menjadi Negara yang tidaklah asing bagi kalian. Dimana negaranya sudah sangat terkenal dengan sebuah menara tinggi bernama Eiffel Tower. Namun, Negara ini juga kental dengan agama Islamnya. Dimana, dengan kalian mengunjungi La Grande Mosquee. Dimana, La Grande Mosquee ini menjadi masid tertua yang ada di Perancis dengan bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1926 yang sudah di fungsikan secara langsung sebagai tempat ibadah dan juga sebagai pusat studi dari Islam. Berbagai umat muslim ini pun juga berdatangan dan ikut serta mengumpul di masjid yang satu ini.

Bangunan yang memiliki arsitektur megah ini menjadi salah satu tanda terima kasih Perancis untuk sekelompok muslim yang saat itu ikut perang melawan Jerman, kala perang dunia 2. Di masjid ini kalian akan melihat lebih banyak lagi elemen yang sangat dekoratif dan juga memiliki lengkungan khas dari arsitektru islam. Memiliki warna yang kalem membuat masjid ini semakin cantik lagi untuk di pandang.

# Negara Jerman

Di Negara ini Islam menjadi agama terbesar no 2 yang dianut oleh masyarakat yang ada di Jerman. Rata-rata sudah tercatat orang muslim yang ada di Jerman ini merupakan keturunan dari Turki. Kalian bisa berkunjung ke kota Berlin yang menjadi salah satu destinasi favorit yang memberitahukan mengenai wisatawan muslim yang berada di Jerman. Mengenai makanan halal pun banyak di temui di tempat tersebut. Selain itu, kalian bisa dengan mudah mendapatkan bangunan megah seperti Masjid Sehitlik Moschee. Masjid ini sendiri memiliki gaya Arsitektural Ottoman dan juga di desain langsung dengan arsitek yang berasal dari Turki.

Gaya yang di gunakan sendiri di desain dari abad ke 14 dan juga abad 15 yang dimana sudah terdapat kesultanan Ottoman. Mengenai tampilan masjidnya sendiri terdapat 2 menara yang diberi warna putih dan juga abu-abu. Masjidnya sendiri di bangun di tengah-tengah lahan pemakaman yang dimana sudah menjadi tempat peristirahatan bagi Syuhada dari Turki. Selain ini, masih banyak masjid yang tersebar di kota Berlin, Jerman. Dan kota Hamburg, Frankfurt, serta Munich sangat bersahabat dengan pengunjung yang memang beragamakan Islam.

Itulah beberapa Negara yang bisa kalian kunjungi jika ingin melihat langsung peradaban Islam di negaranya. Jangan lupa juga selalu ingat “ Tuhan hanya 1, kitanyalah yang berbeda  🙂 “.